Monday 21 July 2014

Baru : Penerimaan Seleksi CPNS 2014 Diundur Sampai Bulan Agustus

Info Loker CPNS - Info Lowongan Kerja CPNS 2014. Baru : Penerimaan Seleksi CPNS 2014 Diundur Sampai Bulan Agustus. Penerimaan CPNS 2014. Pendaftaran Seleksi CPNS2014. Pembukaan Penerimaan CPNS 2014.

Info Penerimaan Seleksi CPNS 2014

Pendaftaran lowongan aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka. Rencana awalnya pembukaan penerimaan CPNS ini dilakukan setelah pemilihan presiden 2014 atau akan dimulai pada minggu ketiga Juli 2014 akan diundur sampai pada akhir bulan Agustus antara tanggal 11 - 24 Agustus

CPNS 2014

Pendaftaran CPNS 2014 dalam pelaksanaannya akan menggunakan sistem single entry atau sistem yang terintegrasi secara online. Pendaftaran secara online akan dilaksanakan melalui portal nasional http://panselnas.menpan.go.id pada tanggal 25-29 Agustus 2014.

Salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan. pelamar dapat memilih 3 jabatan dalam satu instansi dengan satu kali tes. Kalau tahun lalu, pelamar bisa mendaftar di berbagai instansi, kali ini cukup mendaftar di satu instansi, tetapi pilihannya dapat di beberapa instansi. Yang penting kualifikasinya sama, pelamar dapat memilih tiga instansi, dan tesnya cukup sekali. 

Pada penerimaan CPNS tahun ini pemerintah membuka 100 ribu lowongan CPNS yang terdiri dari 65 ribu CPNS dan 35 ribu PPPK yang akan ditempatkan di 482 instansi pemerintah pusat dan daerah. Untuk instansi pusat terdiri dari 25 ribu formasi dan 40 ribu formasi untuk pemda, sedangkan untuk PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah. 

Pendaftaran CPNS dengan sistem Online ini, pendaftar hanya memasukan data pribadi, tidak perlu persyaratan administrasi lainnya seperti Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja. Semua persyaratan administrasi tersebut akan disertakan apabila calon pelamar telah lulus menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014.

Mengingat waktu seleksi diperpanjang sampai akhir Agustus, ada baiknya para calon peserta CPNS sudah mulai mempersiapkan diri, dengan belajar wawasan kebangsaan, pengetahuan umum dan psikotes.

Khusus pelamar PPPK, usianya boleh di atas 35 tahun. Sedangkan pelamar CPNS usianya tetap dibatasi maksimal 35 tahun. Untuk menjadi PPPK, harus dites seperti CPNS. Tes menjadi syarat utama, karena sistem penerimaan CPNS kini bukan lagi single track tapi double track. Kedua formasi ini baik CPNS maupun PPPK sama-sama harus lewat tes, karena tunjangan yang diterima sama. PPPK juga mendapatkan pensiun yang dimasukkan dalam sistem jaminan sosial nasionaL.

Metode Tes CPNS 2014 

Tes CPNS 2014 sudah dipastikan 100% menggunakan sistem CAT (computer assisted test). Bagi instansi pusat atau daerah yang masih mengajukan untuk tes CPNS 2014 dengan sistem LJK tidak akan di beri formasi CPNS 2014. 

Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman, Penggunaan metode CAT ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, dengan aplikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk menjangkau seluruh wilayah di tanah air, CAT tahun ini juga akan menggunakan fasilitas dari uji Kompetensi Guru (UKG) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tersedia di seluruh provinsi. CAT juga bisa menggunakan fasilitas yang dimiliki instansi secara mandiri. Jadi, semua provinsi semestinya sudah bisa menggunakan CAT. 


Demikian informasi CPNS 2014, informasi terbaru akan terus saya Update di website http://info-cpns-online.blogspot.com.


Sumber Informasi : 
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB)

0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Bagi Bagi Info Seputar Lowongan Pekerjaan CPNS/ASN, BUMN, Swasta dan Sekolah Kedinasan. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.