Sunday 4 May 2014

Tes CPNS 2014 Dengan Sistem CAT (Computer Assisted Test)

Tes CPNS 2014 dengan sistem CAT (Computer Assisted Test), Tes CPNS 2014, CPNS 2014. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tes CPNS menggunakan sistem LJK (Lembar Jawaban Komputer), Untuk tahun 2014 ini telah dipastikan bahwa tes CPNS akan menggunakan sistem CAT. 

Tes CPNS 2014

Apa itu Sistem CAT (Computer Assisted Test)? 


Apakah itu CAT (Computer Assisted Test)? Cat adalah metode seleksi yang menggunakan Software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil. 

Tentu banyak yang bertanya-tanya kenapa tes tahun 2014 ini menggunakan sistem CAT. Sebenarnya sistem CAT ini sudah digunakan pada tes CPNS 2013 kemarin akan tetapi hanya sebagian instansi pusat dan daerah yang melakukannya. Penggunaan sistem CAT pada tes tahun 2013 kemarin dilakukan berdasarkan Surat Edaran Nomor : SE/10/M.PAN-RB/08/2013 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) yang meminta pejabat pembina kepegawaian di seluruh Indonesia untuk menyiapkan sarana dalam rangka mendukung pelaksanaan sistem Computer Assisted Test (CAT), termasuk spesifikasi minimal infrastruktur penggunaan CAT. Dibandingkan dengan dengan sistem LJK, sistem CAT lebih memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. 

Kelebihan dan Keunggulan Penggunaan Sistem CAT 

  1. Peserta tes dapat mendaftarkan melalui internet 
  2. Peserta tes dapat dinilai langsung sesuai dengan hasil yang diperoleh 
  3. Komputer menyediakan keseluruhan materi soal Kompetensi Dasar (Tes Pengetahuan Umum, Tes Bakat Skolastik dan Tes Skala Kematangan) 
  4. Penilaian dilakukan secara obyektif 
  5. Peserta ujian dapat mengakses dengan mudah terhadap pencapaian hasil (skor) yang diperolehnya. 

Tujuan Penggunaan Sistem CAT 

Dengan kelebihan dan keunggulan sistem CAT ini maka tujuan dari penggunaan sistem ini akan tercapai yakni : 
  1. Mempercepat proses pemeriksaan dan laporan hasil ujian 
  2. Menciptakan standarisasi hasil ujian secara nasional 3. Menetapkan standar nilai 

Jadwal Pelaksanaan Tes CPNS Dengan Sistem CAT 2014


Menurut Deputi SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Setiawan Wangsaatmaja kepada JPNN, Tes CPNS 2014 dengan sistem CAT rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juni. Tes CPNS dengan sistem CAT ini akan dilakukan secara bertahap dan tidak serentak. Tes ini akan berlanjut terus hingga seluruh instansi selesai menggelar tes. Setiap instansi diperkirakan membutuhkan waktu sepekan untuk menyelesaikan tes CPNS ini. 

Lebih lanjut dikatakan, instansi pusat akan lebih dulu melakukan tes pada Juni mendatang. Lantaran instansi pusat lebih siap ketimbang daerah. Meski begitu tidak menutup kemungkinan ada juga daerah baik provinsi maupun kota yang akan dimulai tes Juni."Jadwalnya akan disesuaikan nanti, karena Panselnas harus mengatur materinya sebelum pelaksanaan tes. Jadi materinya akan dikasih kalau instansinya sudah siap," tandasnya. 

Formasi CPNS 2014 


Berdasarkan informasi sementara, pemerintah menyediakan 100.000 formasi untuk CPNS 2014 dengan kuota untuk peserta umum sebanyak 65.000 formasi dan kuota untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) sebanyak 35.000 formasi. Tes CPNS 2014 ini akan diprioritaskan untuk tenaga pendidik dan tenaga kesehatan. Untuk kepastian mengenai jumlah formasi tes CPNS 2014 akan diketahui setelah ada pengumuman pembukaan resmi tes CPNS 2014.


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Bagi Bagi Info Seputar Lowongan Pekerjaan CPNS/ASN, BUMN, Swasta dan Sekolah Kedinasan. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.