Thursday 3 July 2014

UPDATE Persyaratan Perekrutan dan Penerimaan CPNS 2014

Info Lowongan Kerja CPNS 2014. Persyaratan Perekrutan dan Penerimaan CPNS 2014. Pembukaan CPNS 2014 yang rencananya akan dibuka pada tanggal 16 Juni 2014 tinggal sebentar lagi. Sambil menunggu pembukaan CPNS 2014 ada baiknya anda mengetahui persyaratan CPNS 2014 baik itu persyaratan umum maupun persyaratan khusus menurut tata cara pendaftaran CPNS 2014. Baca informasi selengkapnya di bawah ini.

info perekrutan CPNS 2014

Info tentang Pembukaan CPNS 2014

  • Berdasarkan surat keputusan alokasi formasi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) dalam waktu dekat ini Kementerian pusat ataupun pemerintahan daerah akan segera membuka penerimaan CPNS untuk tahun anggaran 2014. Pembukaan dan perekrutan CPNS 2014 ini akan segera diadakan setelah acara Job Fair CPNS 2014 yang akan dilaksanakan di Hotel Sahid, Jakarta pada tanggal 16 Juni-17 Juni ini. 
  • Tahun ini,Untuk mengisi kekosongan di instansi pusat dan daerah ada 100.000 formasi yang dibuka terdiri dari 60.000 formasi untuk menjadi PNS dan 40.000 formasi untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan dikontrak minimal satu tahun dan akan diperpanjang sesuai kebutuhan, kinerja dan kompetensi yang dimilikinya. 
  • Formasi CPNS yang disediakan adalah untuk formasi tenaga kesehatan, tenaga guru, tenaga teknis/administrasi dan lowongan khusus yang diberikan untuk putra putri Papua dan kalangan penyandang cacat (kalangan disable) 
  • Pendaftaran CPNS diselenggarakan secara online Pendaftaran CPNS akan dimulai pada akhir Juni 2014 di website pendaftaran CPNS yang telah ditentukan.
  • Setiap pelamar yang mengirimkan lamaran dalam satu Kementerian hanya diperkenankan untuk mengirimkan satu lamaran saja, dimana lamaran tersebut ditujukan hanya untuk satu unit kerja dan satu unit formasi saja. Bobot Soal CPNS antara PPPK dan Pelamar Umum adalah berbeda.

Proses Seleksi CPNS 2014

  1. Screening Administrasi 
  2. Tes Kompetensi Dasar yang meliputi TWK, TIU dan kepribadian. 
  3. Tes TKB CPNS diberikan setelah peserta lulus point no 2 sesuai passing grade yang telah ditentukan. 
  4. Wawancara Kompetensi. Wawancara ini diberikan pada saat peserta tes telah lulus tahap 1 sampai dengan tahap 3. Wawancara diberikan untuk mengukur kompetensi masing masing peserta dengan mengukur dan berpatokan pada Interviewing Technical Analysis 

Persyaratan Umum CPNS 2014

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) 
  2. Berusia antara 18 tahun dan 35 tahun pada tanggal 1 Desember 2014 
  3. Bagi pelamar yang berusia lebih dari 35 tahun hanya dikhususkan untuk kebutuhan formasi PPPK dan atau berdasarkan kebutuhan khusus, dimana setiap pelamar telah memiliki masa kerja yang telah ditentukan. 
  4. Sehat Jasmani dan Rohani 
  5. Bebas NARKOBA 
  6. Khusus untuk pelamar kalangan sarjana dan diploma, berijazah Sarjana (S1), Diploma Empat (D4), atau Diploma Tiga (D3) dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN)/Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan akreditasi bidang studi minimal B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Perguruan Tinggi Luar Negeri yang telah mendapat Penyetaraan Ijazah luar Negeri dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 
  7. Pada saat mendaftar, pelamar telah memiliki ijazah Perguruan Tinggi untuk kalangan S1 dan D3, dan memiliki Ijazah SMA untuk pelamar dari tingkat SMA Sederajat 
  8. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,75 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi A dan minimal 3,00 bagi lulusan dari program studi dengan akreditasi B. 
  9. Berkelakuan Baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap 
  10. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/POLRI atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta. 
  11. Tidak sedang menjalani perjanjian/ikatan dinas/kontrak kerja pada instansi lain 

Tata Cara Pendaftaran Secara Online

  1. Pelamar wajib memiliki email aktif untuk bisa mengikuti proses rekrutment CPNS 2014 
  2. Pendaftaran dilakukan secara online, dengan tata cara yang telah disebutkan diatas 
  3. Sebelum melakukan pendaftaran, silakan anda sediakan hal hal berikut ini Fotokopi KTP Legalisir Ijazah Legalisir Transkript Nilai Scan pas foto terbaru anda 
  4. Setelah menyelesaikan pendaftaran secara online, peserta wajib mengirimkan semua berkas persyaratan yang ditentukan ditambah dengan print out asli bukti pendaftaran secara online yang telah ditandatangani oleh pelamar.
Untuk mengetahui dengan jelas tentang cara pendaftaran secara online dapat anda baca pada postingan saya tentang Panduan Registrasi Pendaftran CPNS 2014 Secara Online.

Berkas Lamaran yang akan dikirimkan
  1. Surat Lamaran
  2. Daftar riwayat Hidup
  3. Foto Copy Ijasah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang
  4. Pas Foto
  5. Foto Copy KTP
  6. SKCK dari Pihak Kepolisian ( tidak diperlukan saat pendaftaran awal)
  7. Surat Keterangan Sehat dari Dokter Pemerintah ( tidak diperlukan saat pendaftaran awal)
  8. Dokumen lain yang ditentukan oleh masing masing instansi 

(UPDATE) Info Penting CPNS 2014 : 
  • Akan dibuka 100 ribu formasi pegawai, yang terdiri dari 65 ribu PNS dan 35 ribu PPPK 
  • Instansi Pusat akan memperoleh formasi : 31 Kementerian dan 40 Lembaga 
  •  Pemerintah daerah akan memperoleh formasi : 28 Provinsi dan 383 kabupaten/kota 
  • Dialokasikan 5% formasi untuk lintas disiplin ilmu Pelaksanaan seleksi CPNS 2014 seluruhnya menggunakan CAT 
  • Pendaftaran dan registrasi dilakukan secara online Satu pelamar dapat memilih 3 jabatan dalam 1 instansi 
  • Pendaftaran Seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan pada bulan Juli 2014 
  • Pelaksanaan seleksi CPNS 2014 akan dilaksanakan mulai Agustus 2014 
  • Persyaratan Administrasi SKCK, Kartu Kuning, Surat Keterangan Sehat TIDAK DIPERLUKAN saat registrasi awal 
  • Saat registrasi awal yang diperlukan hanya Nama Lengkap, NIK dan alamat E-mail 
  • Tes CPNS 2014 Terdiri dari Tes kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Materi TKD meliputi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensi Umum, dan Tes karakteristik Pribadi

Informas Lain :
  • Tes CPNS 2014 menggunakan sistem CAT CPNS 
  • Tempat pelaksanaan tes dilaksanakan di tempat yang telah ditentukan. Apabila pelamar memberikan keterangan/data yang tidak benar dan di kemudian hari diketahui, baik pada setiap tahapan seleksi maupun setelah diangkat menjadi CPNS/PNS, maka Kementerian atau instansi yang bersangkutan berhak menggugurkan kelulusan tersebut dan/atau memberhentikannya sebagai CPNS/PNS, menuntut ganti rugi atas kerugian negara yang terjadi akibat keterangan yang tidak benar tersebut, dan melaporkan sebagai tindak pidana ke pihak yang berwajib karena telah memberikan keterangan palsu. 
  • Untuk mengikuti seluruh seleksi tes CPNS 2014, para peserta tes TIDAK DIPUNGUT BIAYA APAPUN.

Demikian info CPNS 2014 saya sampaikan. Informasi lebih lanjut mengenai hal-hal lain yang berkaitan dengan pengadaan CPNS tahun 2014 akan terus di Update di blog www.info-cpns-online.blogspot.com


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Bagi Bagi Info Seputar Lowongan Pekerjaan CPNS/ASN, BUMN, Swasta dan Sekolah Kedinasan. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.