Monday 23 June 2014

Update Info Pembukaan Penerimaan CPNS 2014, Job Fair CPNS

Info Lowongan CPNS 2014. Update Info Pembukaan Penerimaan CPNS 2014, Job Fair CPNS. Pembukaan CPNS 2014 telah dilakukan dalam acara Job Fair CPNS yang diadakan Senayan City pada tanggal 18-19 Juni 2014. Inilah Informasi Selengkapnya.


Update Info Penerimaan CPNS 2014

Pendaftaran lowongan aparatur sipil negara (ASN) atau calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) akan segera dibuka. Pembukaan Penerimaan CPNS ini dilakukan setelah pemilihan presiden 2014 atau akan dimulai pada minggu ketiga Juli 2014. Pendaftaran CPNS 2014 ini akan berbeda dengan pendaftran CPNS tahun-tahun sebelumnnya karena Pelamar bisa mendaftar secara online.  

update info cpns 2014
Salah satu yang menarik dalam tes CPNS tahun 2014 ini, seorang pelamar bisa mendaftar lebih dari satu pilihan. pelamar dapat memilih 3 jabatan dalam satu instansi dengan satu kali tes. Kalau tahun lalu, pelamar bisa mendaftar di berbagai instansi, kali ini cukup mendaftar di satu instansi, tetapi pilihannya dapat di beberapa instansi. Yang penting kualifikasinya sama, pelamar dapat memilih tiga instansi, dan tesnya cukup sekali. Tahun ini pemerintah membuka 100 ribu lowongan CPNS yang terdiri dari 65 ribu CPNS dan 35 ribu PPPK yang akan ditempatkan di 482 instansi pemerintah pusat dan daerah. Untuk formasi CPNS 2014 terdiri dari 25 ribu formasi untuk instansi pemerintah pusat, dan 40 ribu formasi untuk pemda, sedangkan PPPK terdiri dari 10 ribu untuk pusat dan 25 ribu untuk daerah.

Pendaftran CPNS tahun ini juga akan diberi kemudahan. Saat mendaftar untuk menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), para pelamar tidak perlu menyertakan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Surat Keterangan Berbadan Sehat, dan Kartu Kuning dari Dinas Tenaga Kerja. 


Metode Tes CPNS 2014

Tes CPNS tahun ini sudah dipastikan 100% menggunakan sistem CAT (computer assisted test). Bagi instansi pusat atau daerah yang masih mengajukan untuk tes CPNS 2014 dengan sistem LJK tidak akan di beri formasi CPNS 2014.
Menurut Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (HKIP) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Herman Suryatman, Penggunaan metode CAT ini sudah dilakukan sejak tahun 2013 lalu, dengan aplikasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). Untuk menjangkau seluruh wilayah di tanah air, CAT tahun ini juga akan menggunakan fasilitas dari uji Kompetensi Guru (UKG) milik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang tersedia di seluruh provinsi. CAT juga bisa menggunakan fasilitas yang dimiliki instansi secara mandiri. Jadi, semua provinsi semestinya sudah bisa menggunakan CAT.


Job Fair CPNS 2014

Job Fair CPNS 2014 telah dilaksanakan pada tanggal 18 - 19 Juni di Hall Senayan City, Jakarta. Pada Job Fair CPNS 2014 ini, Kemenpan-RB memperkenalkan metode baru tes CPNS 2014 yakni metode CAT (computer assisted test). Seleksi CPNS dengan CAT dinilai sangat transparan karena para peserta tes akan langsung tahu nilai dan peringkat saat tes. selain itu, sistem CAT ini merupakan langkah awal dalam pemberantasan KKN dalam penerimaan CPNS. Simulasi CAT juga akan digelar dalam job fair di Gedung Wanita Bogor tanggal 24-25 Juni 2014.

Pada Job Fair ini, panitia CPNS 2014 menggelar simulasi computer assisted test (CAT) tapi tidak menerima lamaran seperti Job Fair yang lain. Simulasi itu dilakukan agar para pelamar CPNS lebih familier dengan metode baru tes CPNS, sehingga mereka bisa konsentrasi belajar materi tes. Tes CPNS terdiri dari tes kompetensi dasar (TKD) dan tes kompetensi bidang (TKB). Untuk TKD, seluruhnya akan menggunakan CAT, dengan materi wawasan kebangsaan, karakteristik pribadi, dan intelegensia umum. Untuk lebih memudahkan masyarakat, Kementerian PANRB berencana memasukkan CAT ke dalam website. 

Demikian informasi CPNS 2014, informasi terbaru akan terus saya Update di website www.info-cpns-online.blogspot.com



Sumber : menpan.go.id


0 comments:

Post a Comment

Copyright © 2014 Bagi Bagi Info Seputar Lowongan Pekerjaan CPNS/ASN, BUMN, Swasta dan Sekolah Kedinasan. All Rights Reserved. Template by CB Blogger. Powered by Blogger.